Recent in Technology

BLUSUKAN KE PASAR WONOKROMO, JOKOWI PASTIKAN KETERSEDIAAN MINYAK GORENG AMAN

              


 

BLUSUKAN KE PASAR WONOKROMO, JOKOWI PASTIKAN KETERSEDIAAN MINYAK GORENG AMAN

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari Sabtu, 18 Februari 2023, meninjau Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, ia menyoroti komoditas minyak goreng yang stoknya melimpah tapi harga mulai turun.

 

Didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Jokowi mengecek stok dan harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, bawang merah hingga telur ayam.

 

Dari hasil pantauannya, Kepala Negara mendapati bahwa harga sejumlah bahan pokok sudah turun. Untuk beras, misalnya, ia mengecek apakah beras Bulog sudah sampai ke warung-warung di pasar.

 

"Saya lihat sudah dan harganya baik, Rp 44 ribu untuk 5 kilogram. Artinya harga di bawah Rp 9 ribu (per kilogram)," ujar Jokowi. "Tadi semua warung saya lihat, ada semuanya dan melimpah di sini."

 

Selain beras, Jokowi juga mengecek harga bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, bawang merah dan telur ayam. "Saya lihat stok minyak goreng ada meskipun tidak melimpah, tetapi stok ada dan harga masih di angka Rp 14 ribu per liter," tuturnya.

 

Selain itu penurunan harga terjadi pada komoditas telur ayam dan bawang merah. "Harga telur turun, meskipun hanya Rp 1.000, tapi turun, bawang merah juga turun. Stabilitas harga seperti ini yang kita inginkan," kata dia.

 

Lebih jauh, Jokowi menyatakan operasi beras oleh Bulog telah dilakukan sejak lima hari lalu. Ia berharap hal itu bisa menstabilkan harga beras. Ditambah lagi masa panen secara nasional akan tiba pada akhir bulan. Per Maret 2023, diperkirakan produksi beras bakal mencapai 1 juta ton dan 1,9 juta ton.

 

"Kalau stoknya melimpah, permintaan tetap, artinya harga secara otomatis akan turun," ucap Jokowi.

 

Ia berharap stabilitas harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.

 

"Jangan sampai nanti kayak beras, sebulan yang lalu mengerek inflasi yang sangat tinggi di seluruh Tanah Air, bukan hanya di Jawa Timur saja, tapi sekarang sejak lima hari yang lalu karena operasi beras dari Bulog sudah mulai turun, meskipun belum semua daerah," katanya.

 

Sebelumnya, sejumlah pedagang Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, meminta pemerintah melalui Bulog Jatim memenuhi kuota beras medium secara merata untuk dijual kembali kepada rakyat.

 

"Saya ini kan pedagang pasar tetapi tidak bisa membeli dalam jumlah banyak, hanya diberi 10 kilogram tiap kali ada operasi pasar. Banyak masyarakat yang cari, tapi stok tidak ada di saya karena dibatasi," kata Abu Salim di Pasar Wonokromo.

 

Ia menilai Bulog seharusnya yang memprioritaskan para pedagang kecil agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbelanja di pasar tradisional. "Kalau saya cuma dapat sedikit, bagaimana bisa menjalankan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat? Kalau sudah begitu, jadinya jarang ada beras medium di pasar ini," ucapnya.

 

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jatim Ermin Tora menjelaskan kondisi stok beras Bulog saat ini mencapai 80.000 ton dengan kualitas bagus, sehingga kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2023 dipastikan masih aman. "Stok beras medium untuk kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri masih terpantau aman," katanya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement