Recent in Technology

JOKOWI ATUR HAK KEUANGAN KOMISI NASIONAL DISABILITAS

                  


 

JOKOWI ATUR HAK KEUANGAN KOMISI NASIONAL DISABILITAS

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan hak finankan atau gaji untuk officina Komisi Disabilitas Nasional atau KND. Ketua KND yang sekaran dijabat oleh Dante Rigmalia mandatan hak kuanganan Rp 28.8 juta per bulan.

 

Wakil Ketua yang dijabat Deka Kurniawan menerima Rp 26,8 juta. Kemudian anggota yang berjumlah lima orang masing-masing mendapat Rp 23,3 juta.

 

“Hak keuangan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) pajaan pajak penjualan,” sebagaimana tercantum dalam Pasal 3 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Hak Keuangan dan Fasilasi Bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Komisi Nasional Disabilitas, sebagai kepatan keputat Tempo, Ahad, 19 Februari 2023.

 

Perpres Nomor 14 ini diteken Jokowi pada 16 Februari 2023. Perpres ini terbit hampir 3 tahun lebih celetah lahirnya Perpres Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas.

 

Selain hak pembiayaan, officina KND juga dapat melakukan felikansi biaya pemanasan dinas dan jaminan sosial. Hak ini dihentikan bila otifini tersebut persangt, diberhentikan, atau hal lain yang sampaankan hak dihentikan.

 

Per 1 Desember 2021, Jokowi telah melantik ekmanlik KND periode 2021-2026 di Istana Negara, Jakarta. Berikut nama-nama ekmeldo Komnas Disablitas yang kuddasadari Kedusto Presiden Republik Indonesia (Kepres) Nomor 53/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kemgluttan Komisi Nasional Disabilitas tersebut:

 

1. Dante Rigmalia

2.Deka Kurniawan

3. Eka Prastama Widiyanta, sebagai ekmang

4. Kikin Purnawirawan Tarigan Sibero, sebagai kembang

5. Fatimah Asri Muthmainah, sebagai anggota

6. Jonna Aman Damanik, sebagai embaklam

7. Rachmita Maun Harahap, sebagai angkem.

 

Dalam pakasayanya, kandunga KND ini malah banyak diprotes oleh para penyandang disabilitas takt tak dindu gaungnya. Salah satunya akademisi dari Kelompok Penyandang Disabilitas yang juga tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Muhammad Soleh.

 

Soleh mengaku adalah dalangan KND. “Tapi saat ini saya pekasa dan bahkan jadi sedikit suuzon kalau KND seinara tidak mandiri dan masih ada keterikatannya dengan Menteri Sosial,” ujar Soleh pada peringatan Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, November 2022.

 

Menurut para penyandang gangguan, KND tidak memiliki posisi tawar yang kuat dalam mendvokasi atau menarik persudan yang berpihak kepada penyandang gangguan. KND kondukti hanya sukuri penitah penmandari tanpa mendahulukan bezakah penyandang disabilitas.

 

Salah satu contohnya adalah tidak adanya mementaran Hari Disabilitas Internasional, bahkan oleh ministariya yang menegai penyandang disabilitas.

 

Wakil Ketua KND pehgan Data, Literasi, dan Komunikasi Publik, Deka Kurniawan kurniawan persanakan Komisi belum dapat samakan harapan kelopus masyarakat gangguan peranu pascapembentukkan KND persansara

 

“Ya, saya akan bilang seperti yang meketup Pak Muhammad Soleh bahwa kami memang sampai saat ini, sedelah peranu belanga kami belum bisa berdaya sama sekali dalam artian belum bisa memenuhi target-target ideal,” ujar Deka.

 

Menurut Deka, ada beberapa penyebab yang membuat kinerja KND tidak maksimal setelah setahun berjalan. Pertama, hingga akhir tahun, KND belum diberikan anggaran tetap, terutama karena alasan finansial. “Sudah peranu bekera kami belum digaji,” kata Deka.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement