Recent in Technology

HERU BUDI SEGERA PERBAIKI RPTRA KALIJODO USAI TERBENGKALAI DI ERA ANIES

                                    



 

HERU BUDI SEGERA PERBAIKI RPTRA KALIJODO USAI TERBENGKALAI DI ERA ANIES

 

Kondisi memprihatinkan sejumlah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) peninggalan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok jadi sorotan.

 

Salah satunya ialah kondisi RPTRA dan RTH Kalijodo yang yang berada di wilayah Jakarta Barat.

 

Terkait hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan sidak ke RPTRA dan RTH yang dulunya merupakan tempat lokalisasi tersebut.

 

Usai berkeliling meninjau langsung kondisi sarana dan prasarana di RPTRA Kalijodo, Heru Budi pun berjanji bakal segera melakukan pembenahan.

 

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota pun diminta untuk segera melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas yang perlu dilakukan perbaikan.

 

“Dinas Pertamanan akan memperbaiki hal-hal yang harus dirawat, termasuk memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lainnya,” ucapnya dikutip dari siang tertulis Pemprov DKI, Sabtu (8/4/2023)

 

Untuk menarik pengunjung, orang nomor satu di DKI ini pun meminta agar diadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial.

 

Seperti ajang kejuaraan sepeda BMX dalam rangka memeriahkan HUT DKI pada yang dirasakan setiap bulan Juni.

 

“Saya kinta di sini ada kegiatan rutin, nanti informasi saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya dari saya,” ujarnya.

 

“Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kami pikirkan,” sambungnya.

 

Mendapat perintah tersebut, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Bayu Meghantara berjanji bakal segera melakukan perbaikan dan perawatan, termasuk aktivasi RPTRA Kalijado sesuai yang diperintahkan Heru Budi.

 

“Kami akan undang komunitas dan sebagainya untuk kegiatan masyarakat yang lebih baik. Insyaallah perbaikan tembok, atap, dan fasilitas lainnya akan dilakukan setelah lebaran. Untuk anggarannya sudah kami siapkan,” tuturnya.

 

 

Diberitakan sebelumnya, anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad mengungkapkan, saat ini ada puluhan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang kondisinya memprihatinkan.

 

 

Hal ini diungkapkan Idris berdasarkan pengaduan dan keluhan masyarakat yang disampaikan kepada PSI.

 

“Sampai hari ini ada sekitar 45 RPTRA atau sekira 14 persen dari total RPTRA di Jakarta yang fasilitas atau sarana prasarananya sudah tidak layak,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/4/2023).

 

Meski tak membeberkan secara gamblang puluhan RPTRA tersebut, Idris mengaku sempat turun langsung ke lapangan melihat kondisi RPTRA di sejumlah wilayah.

 

Setelah dicek, ternyata puluhan RPTRA warisan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang terbengkalai itu akibat adanya permasalahan transisi aset yang belum tuntas.

 

Ia pun menyesalkan hal ini lantaran permasalahan seperti ini seharusnya bisa diantisipasi Pemprov DKI.

 

“Masalah ini seharusnya sudah bisa dimitigasi dari awal dan tidak boleh terulang lagi,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini pun memberikan catatan penting untuk Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) supaya segera menuntaskan persoalan ini.

 

Pasalnya, RPTRA merupakan sarana bagi masyarakat untuk berkegiatan, mulai dari berolahraga hingga arena bermain anak.

 

Sehingga, RPTRA seharusnya dilengkapi dengan fasilitas yang baik untuk mendukung perkembangan anak, kenyamanan orang tua, serta area berinteraksinya warga dari berbagai kalangan.

 

“Jadi teman-teman Dinas PPAPP harus lebih aktif agar kerusakan ini segera bisa ditangani. Segera dituntaskan sehingga fungsi RPTRA ini bisa berjalan dengan maksimal,” tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement