Recent in Technology

ATAS KEBODOHAN JANJI POLITIK ANIES, WARGA TANAH MERAH PENERIMA IMB GRATIS JADI KORBAN TRAGEDI PLUMPANG

                         


 

ATAS KEBODOHAN JANJI POLITIK ANIES, WARGA TANAH MERAH PENERIMA IMB GRATIS JADI KORBAN TRAGEDI PLUMPANG

 

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat, 3 Maret 2023 malam yang turut menghanguskan rumah warga di perkampungan Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan.

 

Berdasarkan data terakhir yang dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pukul 01.16 WIB, sebanyak 17 orang meninggal dunia.

 

Diketahui, perkampungan Tanah Merah Plumpang sangat berdekatan dengan Depo Pertamina Plumpang, sehingga kebakaran yang terjadi Jumat malam itu merambat ke pemukiman warga.

 

Di Twitter beredar cuitan warganet yang mengaitkan izin tinggal di kawasan berbahaya itu dengan dua mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan.

 

Ia pun menyertakan potongan berita tahun 2016, ia menguak bahwa Ahok sempat mengingatkan Anies Baswedan agar tak sembarangan membikin janji politik.

 

Janji politik yang dimaksud adalah jika terpilih, Anies Baswedan tak akan menggusur warga Plumpang.

 

Padahal, tanah tersebut merupakan buffer zone milik PT Pertamina yang harusnya tak boleh ditinggali sama sekali.

 

Alasannya adalah karena terlalu dekat dengan Depo Pertamina.

 

"Di Tanah Merah, termsk Plumpang ini, AB dulu kontrak politik utk tdk menggusur. Pdhl kawasan buffer zone milik Pertamina ini bahaya ditinggali," ucapnya dikutip dari akun Twitter @gus_dibyo, Sabtu (4/2/2023).

 

"Ahok bahkan sudah ingatkan AB tapi demi suara, dia ngeyel. Sekarang kawasan plumpang kebakaran hebat. Sedih," lanjutnya.

 

Bahkan warganet lain turut berkomentar di akun @gus_dibyo dan menyebut bahwa Anies juga tak menepati janjinya untuk warga di Tanah Merah.

 

"Warga dijanjikan tanahnya dilegalkan dan dapat sertifikat. Janji yang tak juga ditepati. Cuma dibiarkan," ungkapnya.

 

Diketahui, pada tahun 2016 silam, Ahok mengatakan bahwa kebijakan yang diambil untuk penyelesaian permasalahan di Tanah Merah, khususnya Plumpang ini bukan hal mudah.

 

Terlebih memindahkan hak atas tanah tersebut kepada warga, seperti yang dijanjikan Anies Baswedan.

 

"Biasanya, calon ini (Anies Baswedan, red) kan saya bilang dia nggak kuasai data. Saya bilang, Pak Anies, tim suksesnya minta data saja sama kita. Kita kan open data," kata Ahok saat itu di Balai Kota DKI.

 

Waktu itu, Anies Baswedan berencana akan menjanjikan untuk membebaskan permasalahan tanah di sekitar Tanah Merah, Jakarta Utara.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement