Recent in Technology

JOKOWI HARI INI DIJADWALKAN BUKA PAMERAN IIMS SEKALIGUS PAMERKAN ESEMKA


 

JOKOWI HARI INI DIJADWALKAN BUKA PAMERAN IIMS SEKALIGUS PAMERKAN ESEMKA

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang dimulai 16 - 26 Februari. Jokowi bakal didampingi sejumlah pejabat lain seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

 

"Mudah-mudahan (IIMS 2023) akan dibuka oleh bapak Presiden. Kami sama-sama berdoa semoga beliau tidak ada halangan," kata Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo (penyelenggara IIMS) di Kemayoran, Jakarta, Rabu (15/2).

 

Usai membuka IIMS 2023, Daswar mengatakan Jokowi diagendakan berkeliling mengunjungi beberapa stan peserta pameran. Ia belum mengetahui merek apa yang bakal disambangi Jokowi nanti.

 

"Dan ada beberapa peserta yang akan dikunjungi beliau. Namun kami menunggu konfirmasi dari protokol," ucap dia.

 

Kehadiran Jokowi pada IIMS 2023 akan menjadi sesuatu yang menarik di tengah pameran. Orang nomor satu di Indonesia ini kemungkinan bakal reuni dengan Esemka, merek lokal yang pernah dekat dengannya.

 

Esemka diketahui menjadi salah satu peserta pada pameran IIMS 2023. Ini jadi momen pertama merek lokal asal Boyolali, Jawa Tengah ini muncul ke publik melalui sebuah pameran otomotif.

 

Pertumbuhan Esemka diketahui selalu berkaitan dengan politik dan Jokowi. Mobil Esemka sempat digunakan Jokowi dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta saat ikut Pilkada DKI Jakarta 2012.

 

Pamor Esemka kemudian meredup ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI. Namun, Esemka kembali meroket ketika Jokowi kampanye menjadi Presiden pada 2014.

 

Tapi lagi-lagi nama Esemka kembali timbul tenggelam. Baru pada 2019 Esemka kembali muncul, kali ini dengan kemajuan serius yakni mendirikan pabrik dengan investasi Rp600 miliar di Boyolali.

 

Tak hanya itu Esemka juga merilis mobil pertama untuk pasar Indonesia yang masuk ke dalam segmen pikap, Bima. Dari sana, nama Esemka kembali surut. Baru tahun ini Esemka berencana kembali muncul ke publik melalui IIMS 2023.

 

Peserta IIMS 2023

Rudi MF, Project Manager IIMS 2023 menyampaikan per hari ini Rabu (15/2) ada 165 brand terdaftar sebagai peserta pameran otomotif tersebut. Dari jumlah itu 45 di antaranya berasal dari merek kendaraan bermotor.

 

Pada merek mobil pesertanya Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW), serta Esemka.

 

Selanjutnya merek roda dua yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha.

 

Sedangkan merek kendaraan listrik roda dua diikuti Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby. Merek baru Yadea yang berada di bawah Indomobil Group juga akan berpartisipasi.

 

"Per hari ini 165 brand, 45 kendaraan bermotor dari merek mobil, motor, dan motor listrik. Ini tertinggi bahkan sebelum pandemi (jumlah peserta) di bawahnya. Total kendaraan listrik ada 15 brand, 14 motor dan 1 mobil yaitu Tesla," kata Rudy.

 

Menurut dia merek yang terkonfirmasi memperkenalkan produk anyar antaranya Mitsubishi, Suzuki, MG, BMW, Toyota, Subaru, dan Wuling.

 

"Dan total dari kendaraan listrik ada 14 yang akan launching. Itu update terkini," ucap Rudy.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement