Recent in Technology

TANGGAPAN JOKOWI SOAL KEBUTUHAN AIR DUNIA


 

TANGGAPAN JOKOWI SOAL KEBUTUHAN AIR DUNIA

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sumber daya air menjadi isu yang sangat mendesak bagi dunia. Sebab, kebutuhan air meningkat tajam di tengah pertumbuhan penduduk dan peningkatan produktivitas pangan.

 

"Keberlanjutan sumber daya air menjadi isu yang sangat mendesak bagi dunia. Kebutuhan air dunia meningkat tajam sejalan dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan produktivitas pangan dan juga industri," kata Jokowi dalam sambutan virtual pada Kick Off World Water Forum Ke-10, Rabu (15/2).

 

Menurutnya, ketersediaan air yang berkualitas dan berkelanjutan semakin sulit. Hal itu diakibatkan degradasi lingkungan dan perubahan Iklim.

 

"Pengelolaan sumber daya air secara efisien dan terpadu merupakan agenda yang harus kita kerjakan bersama agar air bisa dikelola dan bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa," tuturnya.

 

Jokowi menuturkan, ada beberapa agenda penting yang harus diprioritaskan. Seperti upaya konservasi air, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

 

"Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak, dialog dan kemitraan antar negara yang dilakukan dalam semangat kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia," tuturnya.

 

Selain Itu, Jokowi melanjutkan, agenda-agenda itu juga membutuhkan Banyak Inovasi. Terutama Inovasi keuangan yang melibatkan pemerintah dan swasta.

 

Berikutnya, inovasi teknologi dalam pengelolaan kebutuhan konsumsi energi dan pangan. Serta, perlunya komitmen semua pihak untuk berbagi dan bekerja sama.

 

"Saya sangat mengharapkan pertemuan awal menuju The 10th WWF ini dapat menghasilkan agenda-agenda penting yang akan kita tindak lanjuti pada acara puncak WWF ke-10 di Bali 18-24 Mei 2024," tutup Jokowi.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement