Recent in Technology

3. KOALISI PERUBAHAN, BERUBAH JADI BINGUNG

                              


3. KOALISI PERUBAHAN, BERUBAH JADI BINGUNG

 

5 BULAN MENGUSUNG ANIES, MAHAR MASIH BELUM COCOK?

 

Juru Bicara Anies Baswedan yakni Hendri Satrio menolak asumsi yang menyebut belum adanya deklarasi bersama lantaran ketiga parpol yang melakukan penjajakan Koalisi Perubahan belum bersepakat mengenai mahar politik.

 

"Enggak (terkait mahar). Memang proses demokrasi biasa saja karena butuh penyesuaian dengan aturan-aturan partai," kata dia.

 

Secara implisit, Hendri mengakui hanya Nasdem dan PKS yang secara internal telah memastikan Anies sebagai capres pada 2024.

 

Sementara Demokrat posisinya baru sebatas mengumumkan kendati elitenya menegaskan sudah melalui aturan internal (keputusan majelis tinggi partai) mendeklarasikan Anies Baswedan.

 

Sosok yang akrab disapa Hendsat menepis Koalisi Perubahan hanya nampak solid di bawah namun rentan pada tingkat elitenya.

 

Alasannya tim kecil yang masing-masing beranggotakan dua perwakilan Nasdem, Demokrat, PKS dan Anies intens berkomunikasi dan menyiapkan peta jalan memuluskan pencapresan Anies Baswedan.

 

Kendati menegaskan sudah resmi mendeklarasikan Anies sebagai capres, Demokrat menuntut agar ketiga elite parpol meneken nota kesepahaman dulu sebelum deklarasi bersama. Sementara Nasdem mendorong Demokrat mendeklarasikan Anies secara resmi dalam forum partai.

 

PKS juga mengehendaki deklarasi bersama koalisi bisa terlaksana untuk memastikan ketiga parpol berkoalisi dan mengamankan tiket ambang batas pencalonan presiden.

 

Anies tak menampik pula pentingnya deklarasi bersama ini supaya masyarakat bisa turut mengawal agenda pencapresan.

 

"Sehingga masyarakat bisa membantu mengawal hingga proses pendaftaran dan pemilihan presiden pada 14 Februari 2024 mendatang," kata Hensat.

 

Secara terpisah, pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, meyakini Anies Baswedan bakal menjadi capres dari Koalisi Perubahan karena sejatinya ketiga parpol saling membutuhkan.

 

Adapun langkah Demokrat yang terkesan belum resmi deklarasi merupakan bentuk kehati-hatian saja.

 

Denny meyakini langkah hati-hati tersebut merupakan strategi Demokrat untuk memuluskan sang ketum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Namun Hendsat menepis anggapan ini.

 

"Kan Demokrat sendiri sudah bilang urusan cawapres diserahkan kepada Mas Anies," tuturnya.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement