Kementerian Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif (Kemenparekraf) dan Magnus Digital Indonesia, konsultan ad-tech
marketing bagian dari Volare Advertising Network, mengembangkan WonderVerse
Indonesia, sebuah teknologi Metaverse untuk mempromosikan pariwisata dan
ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif dan digital.
Teknologi Metaverse telah menjadi tren
pada hampir semua lini di dunia. Banyak produsen berlomba-lomba memasarkan
produknya secara virtual melalui teknologi ini, karena beradaptasi dengan dunia
digital menjadi suatu keharusan demi bertransformasi ke era ekonomi yang baru.
Momentum inilah yang dimanfaatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), melalui kerjasamanya dengan Magnus
Digital Indonesia, untuk mengembangkan WonderVerse Indonesia.
Sebagai kementerian yang bertugas
memajukan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif tanah air, Kemenparekraf
memiliki visi untuk menjadi yang terdepan dalam perlombaan ini. Salah satunya
dengan menerapkan strategi 3G: Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan
Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Usaha), yang digagas oleh Menteri
Pariwisata dan Kreatif Ekonomi, Sandiaga Salahuddin Uno.
Magnus Digital Indonesia sendiri
merupakan agensi iklan dan pemasaran berbasis teknologi yang telah bekerja sama
dengan berbagai macam klien swasta maupun instansi pemerintahan. Perannya tidak
lain adalah sebagai pengembang, pemasar, dan penanggung jawab platform baru
ini.
Dengan adanya Metaverse, diharapkan
Kemenparekraf dan Magnus Digital Indonesia, dapat menjadi yang pertama dalam
mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.
Adapun tujuan dari proyek ini, selain
mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, juga
untuk mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata dan
ekonomi kreatif agar bisa mempromosikan produknya secara digital di WonderVerse
Indonesia.
“Kita sedang dalam suatu transisi dimana
digitalisasi mendorong transformasi dan platform-platform baru yang dapat
mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif ini bisa kita
tingkatkan dengan perkembangan teknologi. Dunia Metaverse yang terbaru ini,
merupakan sebuah terobosan yang baru mulai dirasakan dan terakselerasi justru
karena pandemi dimana kita bisa berkegiatan secara interaktif” ujar Sandiaga
dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/8/2022).
WonderVerse Indonesia memberikan
kemudahan untuk diakses di mana saja melalui perangkat desktop, dengan
pengembangan ke depannya menggunakan perangkat VR (virtual reality).
Hal ini semakin membuka peluang bagi
industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda
kapan pun dan di mana pun mereka berada. Untuk bisa mendapatkan pengalaman
terbaik dalam bermain, ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk
perangkat elektronik yang digunakan atau pun koneksi internet dengan kecepatan
minimum 25 Mbps.
WonderVerse Indonesia terbagi menjadi 4
bagian atau disebut dengan “land”, yang merupakan representasi Indonesia
sebagai negara kepulauan. Dalam “land” ini terdapat berbagai keanekaragaman
yang bisa dinikmati, antara lain:
The Lobby
Di sini pengunjung bisa berinteraksi
dengan hewan endemik, galeri karya digital dari seniman Indonesia, serta layar
lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruan apa saja yang akan datang.
WonderFun Land
Segala entertainment khas Indonesia,
mulai dari games dengan tema permainan
tradisional, hiburan tradisional seperti pertunjukan wayang, tari-tarian,
hingga live streaming concert, music dan film karya anak bangsa.
WonderGoods Land
Pengunjung bisa melihat dan berbelanja
barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan
ekonomi kreatif.
WonderReal Land
Pengunjung bisa melakukan eksplorasi
berbagai destinasi wisata di Indonesia di dalam dunia Metaverse dan dapat
membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk
mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.
Untuk kedepannya, tidak menutup
kemungkinan untuk menambah “land” baru dengan tujuan agar kanal ini semakin menarik
dan interaktif.
“Seiring berkembangnya dunia digital dan
teknologi Indonesia, kami mempunyai harapan dengan adanya WonderVerse Indonesia
yang dikembangkan oleh Magnus Digital Indonesia, bagian dari Volare Advertising
Network, dapat menjadi wadah bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia dan menjadi
sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia, serta memberikan
manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi
kreatif,” tegas Hendra Liman, Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia.
Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia,
dunia pariwisata dan ekonomi kreatif berharap bisa bangkit kembali, setelah
terdampak oleh pandemi selama dua tahun. Selain itu, proyek ini dapat membuka
peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para khususnya pelaku
pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan ruang dalam mempromosikan
produknya agar turut serta membangun perekonomian Indonesia.
Kerja sama antara Kemenparekraf dengan
Magnus Digital Indonesia merupakan langkah awal untuk mendukung dan memajukan
dunia pariwisata Indonesia serta para khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi
kreatif sebagai salah satu pilar penting perekonomian Indonesia ke depan.
0 Komentar