Recent in Technology

Heboh! Salat Berjamaah Anies-Cak Imin Dikritik, Netizen Perdebatkan Posisi Makmum

                


 

Heboh! Salat Berjamaah Anies-Cak Imin Dikritik, Netizen Perdebatkan Posisi Makmum

 

Beberapa hari ini beredar foto paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sedang salat berjamaah. Foto tersebut diambil beberapa jam sebelum debat kelima Pilpres 2024.

 

Dalam foto itu, terlihat Cak Imin menjadi imam sementara Anies Baswedan berada di belakang menjadi makmum salat.

 

Ternyata foto itu ramai dibahas para netizen di platform X. Sebabnya adalah ada seorang netizen yang mengkritik cara salat berjamaah antara Cak Imin dengan Anies Baswedan.

 

Netizen dengan akun @RagilSemar mengatakan, posisi salat berjamaah Cak Imin dengan Anies Baswedan tidak tepat.

 

"Bagong harus mengkritik ini. Sholat jamaah kalau hanya berdua begini, posisinya tidak depan-belakang seperti ini," tulis akun @RagilSemar sambil mengunggah foto Cak Imin dan Anies salat berjamaah.

 

Seharusnya, kata dia, posisi salat berjamaah ketika hanya ada satu imam dan satu makmum laki-laki adalah bersebelahan.

 

Tidak seperti posisi Cak Imin dengan Anies Baswedan yang berjarak antara imam dan makmum. Menurut @RagilSemar, semestinya makmum berada di sebelah kanan imam.

 

"Seharusnya sebelahan. Makmum di sebelah kanan imam. Di Syafi'i dianjurkan makmum sedikit saja mundur, jadi tidak pas sejajar betul," tutur dia.

 

Unggahan @RagilSemar ini mendapat reaksi beragam dari sejumlah netizen lain. Ada netizen yang memposting foto salat berjamaah Cak Imin dan Anies secara lengkap.

 

Dalam foto aslinya, terlihat ada seorang wanita yang juga hendak menjadi makmum. Karena itu menurut para netizen posisi salat Cak Imin dan Anies Baswedan sudah tepat.

 

Namun menurut @RagilSemar, tetap saja posisi imam dan satu makmum laki-laki semestinya bersebelahan walau ada makmum wanita.

 

"Yang Bagong bahas adalah posisi jamaah laki-laki. Tetap saja sama aturannya kalau makmum laki-laki cuma satu walau ada jamaah perempuan," ujar @RagilSemar.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement