Recent in Technology

JOKOWI: KUNJUNGAN INTENS TIMOR LESTE TUNJUKKAN KOMITMEN PERERAT KERJA SAMA

                 


 

JOKOWI: KUNJUNGAN INTENS TIMOR LESTE TUNJUKKAN KOMITMEN PERERAT KERJA SAMA

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat datang kepada Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak atas kunjungannya ke Indonesia. Jokowi berharap intensitas kunjungan Timor Leste ini dapat memperkuat komitmen kerjasama dengan RI.

 

Hal itu diungkapkan Jokowi saat membuka pertemuan dengan Taur Matan Ruak serta delegasi kedua negara, di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (12/2/2023). Jokowi sempat mengulas kembali kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta pada tahun lalu.

 

"Selamat datang kembali di Indonesia PM Taun Matan Ruak dan seluruh delegasi, senang dapat berjumpa kembali. Saya juga menerima kunjungan Presiden Ramos Horta pada bulan Juli tahun lalu dan intensitas kunjungan ini menunjukkan komitmen untuk terus mempererat hubungan dan kerja sama di antara kita," kata Jokowi.

 

Jokowi mengatakan dirinya juga senang perihal Timor Leste yang sudah diterima dalam keanggotaan ASEAN. Jokowi menyebut Timor Leste pun sudah bisa berpartisipasi dalam pertemuan ASEAN.

 

"Saya senang bahwa Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN dan pada pertemuan Menlu ASEAN pada bulan ini. Menteri Luar Negeri Timor Leste telah berpartisipasi dalam pertemuan dengan status sebagai observer," ucapnya.

 

Jokowi berharap kunjungan Timor Leste ini memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. "Dalam kunjungan PM kali ini saya harapkan dapat membahas upaya memperkuat kerja sama ekonomi di antara kita," ujar Jokowi.

 

Jokowi dan PM Timor Leste Tanam Pohon

Jokowi sebelumnya juga mengajak PM Timor Leste Taur Matan Ruak untuk menanam pohon di halaman belakang Istana. Penanaman pohon itu dilakukan usai upacara penyambutan kedatangan Taur Matan Ruak.

 

Saat berjalan ke titik lokasi, Jokowi tampak sambil berbincang akrab dengan Taur Matan Ruak. Saat berbincang, keduanya sempat berhenti beberapa saat.

 

Adapun pohon yang ditanam adalah pohon cendana. Penanaman pohon ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan saat menerima kunjungan tamu negara di Istana Bogor.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement