Recent in Technology

GANJAR TINJAU HASIL PERBAIKAN DI JALAN TULIS BANDAR KAB. BATANG

                     


 

GANJAR TINJAU HASIL PERBAIKAN DI JALAN TULIS BANDAR KAB. BATANG

 

Gubernur Ganjar Pranowo terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan di Jawa Tengah.

 

Jalan Raya Bandar-Tulis merupakan jalan kabupaten yang mendapat Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar Rp 12 miliar dengan total panjang jalan yang dikerjakan 5,3 kilometer.

 

Pemerintah Kabupaten Batang merealisasikan Bankeu tersebut untuk memperbaiki sarana prasarana seperti jalan penghubung ke beberapa akses vital, menuju Pasar Bandar, Puskesmas Bandar, sejumlah institusi pendidikan hingga memudahkan pekerja menuju kawasan Batang Industrial Park (BIP)

 

Ganjar pun menyempatkan tilik hasil jadi proyek infrastruktur jalan dari Bankeu tersebut, Rabu (24/5/2023).

 

Kehadiran orang nomor satu di Jawa Tengah itu disambut hangat oleh warga.

 

Salah seorang warga menunjukkan video kondisi jalan sebelum dan sesudah perbaikan, ternyata jalan tersebut pernah viral.

 

Warga yang juga youtuber itu pun sempat diberi edukasi oleh Ganjar untuk bisa melapor dengan jalur yang seharusnya, tidak harus dengan cara memviralkan.

 

"Tadi si pelapornya saya tanya anda melapor ke mana, anda melapor ke mana, dijawab tidak melapor, tak viralke, nah itu keliru banget iyaa tidak, itu hak masyarakat, tapi alangkah baiknya kalau itu dikasihkan ke aparatur," ujar Ganjar.

 

Ganjar mengatakan ketika viral pemerintah tentu mencoba untuk menangkal tetapi tidak semua pemerintah itu cukup secara finansial.

 

Ia mencontohkan anggaran di Kabupaten Batang tidak cukup, sehingga jika memang secara finansial tidak mencukupi maka harus ada prioritas, jika tidak cukup juga maka bisa minta bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng.

 

"Ketika merespon persoalan-persoalan yang di masyarakat, lalu terbatas ya prioritasno yang tidak penting potong, masukkan dulu, kalau masih kurang, nah minta saya maka ini bagian dari bantuan keuangan provinsi yang coba kita sinergikan dengan kabupaten, nah dengan cara ini harapannya bisa selesai," ujarnya.

 

Ganjar menyampaikan jika ada sesuatu maka masyarakat harus lapor, ada beberapa saluran terkait jalan rusak bisa melaporkan ke kanal pemerintah daerah, Lapor Gub hingga aplikasi Jalan Cantik.

 

"Kawasan industri itu tidak akan bisa berjalan dengan baik kalau pemerintah daerah nggak dukung, apakah peran provinsi peran Kabupaten harus dukung sehingga area utamanya jadi, pendukungnya Mesti kita bikin, supaya pertumbuhan ekonominya bagus," jelasnya.

 

Gubernur Jateng itu memaklumi ada keterbatasan anggaran untuk infrastruktur karena pandemi Covid-19 selama dua tahun, namun, masih ada bantuan dari Pemerintah Provinsi hingga Pusat.

 

Bahkan, ia menyebut ada bantuan tertentu dari pusat yang mencakup pedesaan.

 

Masyarakat bisa mengusulkan itu sehingga penanganan bisa lebih cepat.

 

"Sumbernya semua juga dari pajak, kita minta ke pusat, pusat juga dari pajak daerah, gitu, jadi sama aja tapi butuh inisiatif inisiatif," imbuhnya.

 

Atas dasar itulah Ganjar selalu meminta jajaran pejabat mulai dari Bupati hingga Kepala Desa untuk membagikan nomor kontak sehingga ketika ada masalah bisa tertangani dengan cepat.

 

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melalui Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, Endro Suryono menyebut pekerjaan jalan Bandar Tulis menggunakan rigid beton.

 

Pertama dari jalan pantura (Polsek Tulis ke selatan) 3,562 Kilometer, dalam pekerjaan itu ada pelebaran jalan 1 meter kanan kiri, sepanjang 370 meter hingga akhirnya lebar jalan mencapai enam meter.

 

Lalu, ruas jalan Pasar Bandar sepanjang 1,175 Kilometer dan ditambah saluran U-Dict sepanjang 600 meter.

 

"Pekerjaan itu mulai Juli sampai 29 November 2022 dan sudah selesai dalam jangka 4,5 bulan," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement