Recent in Technology

KUNJUNGAN KE BALI, JOKOWI RESMIKAN PENATAAN PURA BESAKIH

                        


 

KUNJUNGAN KE BALI, JOKOWI RESMIKAN PENATAAN PURA BESAKIH

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penataan kawasan Pura Besakih, Karangasem, Bali. Jokowi menitipkan pesan agar kawasan ini dikelola dengan baik.

 

"Membangun fasilitas yang bagus dan megah lebih mudah dari mengelola dan merawat. Untuk itu saya benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi ini dengan dana yang sangat besar, tadi disampaikan Pak Gub, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik dan pengelolaan profesional, harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik, sehingga mampu menjembatani kepentingan yang ada. Libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih, beri kesempatan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dan berkontribusi," tutur Jokowi melalui siaran langsung YouTube Setpres, Senin (13/3/2023).

 

Jokowi menuturkan, Pura Besakih merupakan pura yang sangat disucikan bagi umat Hindu di seluruh dunia. Karena itu, menurutnya, pura ini harus dirawat dengan penuh hormat.

 

"Hari ini saya sangat bahagia berada di kawasan Pura Agung Besakih, pura yang sangat disucikan, pura yang sangat di sucikan bukan hanya umat Hindu di Bali tapi juga umat Hindu di seluruh Nusantara. Pura yang suci ini harus kita jaga, harus kita rawat dengan penuh hormat, sehingga umat hindu dan pengunjung yang datang ke Pura Besakih bisa merasakan aura kesuciannya," kata dia.

 

Menurut Jokowi, terjaganya kesucian dan kebersihan Pura Agung Besakih, akan mengundang umat Hindu untuk berbondong-bondong berkunjung. Karena itu, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk melakukan penataan kawasan Pura Agung Besakih.

 

"Kedatangan umat dan pengunjung tanpa ada diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi ke depan akan timbul kesemrawutan dan timbul ketidaknyamanan. Oleh sebab itu aya perintahkan ke Pak Menteri PUPR untuk melakukan penataan di Pura Besakih ini bersama dengan Gubernur Provinsi Bali," ujar Jokowi.

 

"Yang dilakukan di dua area Bencingah dan Manik Mas dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahayang dan Pura Besakih tetap terjaga kesuciannya," imbuh dia.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement