Recent in Technology

GANJAR: PANGAN KITA AKAN BERDAULAT JIKA SISWA DIKENALKAN TANAMAN SEJAK DINI

 


                     


GANJAR: PANGAN KITA AKAN BERDAULAT JIKA SISWA DIKENALKAN TANAMAN SEJAK DINI

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang kalangan pelajar di provinsi setempat sudah melek pangan alternatif. Menurut dia, program itu penting sebagai salah satu upaya mendukung kedaulatan pangan nasional.

 

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat menghadiri Pameran Urban Farming di SMP Negeri 30 Semarang.

 

Ganjar berharap, mendukung kegiatan serupa diselenggarakan di sekolah lain. Dengan harapan, kegiatan yang lebih luas agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat melanjutkan kedaulatan pangan dengan baik.

 

"Pangan kita makin hebat, pangan kita makin berdaulat dan itu dari anak-anak ini sebagai generasi berikutnya. Ini kekuatan pangan yang dikenalkan sejak dini dan dimasukkan ke sekolah agar mereka learning by doing,” kata Ganjar dilansir Antara, Kamis (16/3).

 

Selain itu, mantan anggota DPR itu menilai generasi muda itu lah yang nantinya bakal melanjutkan kedaulatan pangan Indonesia.

 

"Para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat melanjutkan kedaulatan pangan dengan baik," ujar dia.

 

Orang nomor satu di Jateng itu sempat berdialog dengan sejumlah pelajar dan meninjau kebun tanaman telang yang ditanam dan dirawat oleh siswa di halaman sekolah.

 

“Jadi temanya ini bunga telang, menjadi pewarna terus bisa dijadikan minuman, bahkan bisa untuk skin care. Artinya anak-anak diberikan tradisi bercocok tanam, memelihara, termasuk budi daya ikan tadi," ujarnya.

 

Menurut Ganjar, kegiatan pertanian urban oleh siswa tersebut dapat menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa terhadap budidaya tanaman, khususnya tanaman telang.

 

"Kelak kemudian hari mereka akan dirangsang terus, tahu akan produk-produk yang bisa kita miliki dari pertanian dan pangan. Siapa tahu mereka akan jadi periset yang hebat untuk bisa mengembangkan itu," katanya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement