Recent in Technology

DIGADANG-GADANG JADI KING MAKER, JUSUF KALLA TARIK DUKUNGAN DARI ANIES




DIGADANG-GADANG JADI KING MAKER, JUSUF KALLA TARIK DUKUNGAN DARI ANIES

 

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) digadang-gadang bakal menjadi King Maker di balik pencapresan Anies Baswedan. Ia disebut akan berperan besar menentukan kemenangan Anies di Pilpres 2024 mendatang.

 

Namun, belakangan berembus kabar bahwa JK akan menarik dukungan terhadap pencapresan Anies.

 

JK disebut sudah memperlihatkan sinyal menarik dukungan terhadap Anies. Menurut politisi senior Zulfan Lindan, sinyal penarikan dukungan itu terlihat saat mencuat isu persoalan utang piutang Anies dengan Sandiaga Uno.

 

Isu persoalan utang piutang itu dianggap sebagai sinyal JK tak lagi mendukung Anies. Secara tiba-tiba saat Anies dipastikan mendapat tiket calon presiden, mantan tim sukses Anies-Sandi yang juga keponakan Jusuf Kalla yaitu Erwin Aksa membuka persoalan tersebut.

 

Dengan menjauhnya Erwin yang juga keponakan Jusuf Kalla dari kubu Anies, ada kemungkinan Jusuf Kalla pun melakukan hal yang sama.

 

"Kita lihat Sudirman Said dulu, apakah masih aktif di tim kecil tiga partai itu, Sudirman Said kan seperti jubir Anies Baswedan dan ini pasti untuk mewakili Jusuf Kalla, kan enggak mungkin Jusuf Kalla yang muncul di depan, kita lihat perkembangannya apakah berlanjut atau tidak," ujar Zulfan dikutip dari YouTube Total Politik, Selasa (28/2/2023).

 

Lebih lanjut dia mengatakan, seandainya Jusuf Kalla menarik dukungan terhadap Anies, tentu kepastian eks Gubernur DKI Jakarta itu menjadi calon presiden semakin kabur.

 

"Kalau ini terjadi pergeseran kita lihat JK pelan-pelan mundur. Mundur ini JK tidak hanya dilihat dari sudut pandang pernyatannya Erwin, tetapi ketidakjelasan tiga partai ini, Demokrat, PKS dan NasDem untuk kepastian mencalonkan Anies sebagai presiden, ini kan semakin kabur," tambah Zulfan.

 

Mantan politiku PDI Perjuangan (PDIP) meyakini Erwin tak mungkin tidak berkomunikasi dengan Jusuf Kalla sebelum datang ke podcast Akbar Faizal kemudian membongkar soal utang Anies.

 

"Saya kira Erwin ini pasti paling tidak say hello dengan Pak JK 'saya mau diundang akbar faizal, ngomong ini, pernyataannya ini' kalau kita lihat Erwin ngomongnya bebas, berarti Pak JK kan silakan aja," pungkas Zulfan.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement