Recent in Technology

MAYORITAS SANTRI JAWA TENGAH TETAPKAN PILIHAN UNTUK GANJAR PRANOWO CAPRES 2024

                             


 

MAYORITAS SANTRI JAWA TENGAH TETAPKAN PILIHAN UNTUK GANJAR PRANOWO CAPRES 2024

 

Survei SMRC menunjukkan Mayoritas Santri Jawa Pilih Ganjar Pranowo Capres 2024. Alhamdulilah, Tandanya Isu yang dimainkan Kadrun Gak Mempan buat menjatuhkan Ganjar.

 

Hasil studi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

 

"Dalam tabulasi silang, dari 52,4 persen santri Muslim Jawa, 60 persen memilih Ganjar Pranowo, 20 persen Prabowo Subianto, dan 15 persen Anies Baswedan. Ada 5 persen yang belum menjawab," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

 

Sementara, lanjut dia, pilihan kelompok abangan juga lebih dominan ke Ganjar 58 persen, Prabowo 11 persen, Anies 14 persen, dan tidak jawab 16 persen.

 

Lalu, terdapat 59 persen kalangan priyayi yang memilih Ganjar, 0 persen memilih Prabowo, 19 persen memilih Anies, dan tidak jawab 22 persen.

 

"Ganjar didukung oleh mayoritas santri, abangan, dan priyayi," terang Saiful.

 

Berdasarkan data ini, Saiful menyimpulkan bahwa perbedaan santri, abangan, dan priyayi dalam pemilihan presiden tidak penting. Baik yang santri, abangan, maupun priyayi di kalangan Muslim Jawa sama-sama dominan memilih Ganjar Pranowo.

 

"Ada memang warga yang menganggap dirinya santri, abangan, dan priyayi. Tapi itu tidak punya efek berarti dalam perilaku memilih di pemilihan presiden," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil penelitiannya pada 31 Maret-4 April 2023, yang salah satunya memotret tokoh yang digadang-gadang jadi cawapres di Pilpres 2024.

 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, mengatakan, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas.

 

"Untuk wakil presiden, nama dua terbesar itu masih Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno," kata dia seperti dikutip, Senin 10 April 2023.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement