Recent in Technology

GANJAR DENGARKAN ASPIRASI DAN IDE PELAJAR, DENGAN MENGUNDANG FORUM OSIS IKUTI MUSRENBANG

                                               


 

GANJAR DENGARKAN ASPIRASI DAN IDE PELAJAR, DENGAN MENGUNDANG FORUM OSIS IKUTI MUSRENBANG

 

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyerahkan hibah sebesar Rp 148,1 miliar untuk bidang sosial kemasyarakatan kepada ribuan organisasi masyarakat (ormas) di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kota Semarang, Jateng, Selasa (28/2/2023).

 

Penyerahan hibah secara simbolis dilakukan kepada sembilan ormas yang hadir secara fisik. Di antara mereka, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng mendapatkan Rp 600 juta, Pimpinan Wilayah Muslimat NU Jateng mendapatkan Rp 400 juta, Forum Pembauran Kebangsaan Jateng mendapatkan Rp 250 juta, dan Yayasan Amanah Mulya Sendangmulyo mendapatkan Rp 200 juta.

 

Selain itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng mendapatkan Rp 250 juta, PD Pemuda Muhammadiyah Jateng mendapatkan Rp 50 juta, DPD LVRI Jateng mendapatkan Rp 70 juta, Perkumpulan Penyelenggara TK Indonesia Jateng mendapatkan Rp 120 juta, dan Badan Kerja Sama Organisasi Jateng mendapatkan Rp 250 juta.

 

Selain ormas, Ganjar juga menyerahkan hibah ini kepada sembilan partai politik. Hibah ke partai politik diserahkan sebesar Rp 33,9 miliar.

 

“Total anggarannya adalah Rp 148,1 miliar, dan terdapat sembilan instansi vertikal dengan anggaran kurang lebih Rp 9 miliar lebih sedikit. Untuk partai politik, ada sembilan partai dengan anggaran Rp 33,9 miliar, sementara untuk ormas terdapat 2.212 ormas dengan anggaran Rp 105,1 miliar,” jelas Ganjar.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga menyosialisasikan cara mengelola dana hibah dengan baik kepada ribuan ormas. Ganjar mengatakan, hal itu dilakukan agar dana yang diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

“Seringkali dana hibah mengalami masalah, maka hari ini kita undang KPK, Kejaksaan, kepolisian, dan inspektorat untuk membantu mengawal. Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk menggunakan hibah tersebut. Jika teman-teman tidak memahami cara mencatat, menggunakan, dan melaporkannya, kami akan mendampingi sehingga manfaatnya akan jauh lebih baik,” kata alumnus UGM ini.

 

Setelah sosialisasi, Gubernur Jateng juga memberikan pesan kepada ribuan ormas untuk menggunakan anggaran dengan baik karena jumlahnya tidak sedikit.

 

Selain itu, dia juga berpesan kepada ormas untuk menjalankan fungsinya dengan baik menjelang tahun politik. Ganjar mengatakan bahwa ormas adalah stakeholder yang berkontribusi dalam menjaga kondusivitas dalam masyarakat di berbagai situasi.

 

“Kita minta agar setiap ormas bisa melaksanakan fungsinya dengan baik karena ini menjelang tahun politik, maka kita minta tolong agar ormas ikut serta membantu kondisivitas itu,” tutur Ganjar.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement