Recent in Technology

ANIES SERTA PENGIKUTNYA YANG SOK SUCI ITU HARUS BACA INI!!





ANIES SERTA PENGIKUTNYA YANG SOK SUCI ITU HARUS BACA INI!!

 

Pemprov DKI Jakarta di bawah pimpinan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencetak sejarah baru dengan meraih tujuh penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

 

Adapun penghargaan itu diraih oleh oleh masing-masing Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

 

Rinciannya, sebanyak empat Anugerah Adipura diraih oleh Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

 

Sedangkan, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu mendapat Sertifikat Adipura.

 

Satu Plakat Adipura pun diterima Jakarta Selatan dengan Tebet Ecopark sebagai Taman Terbaik.

 

Pengganti Anies Baswedan itu pun mengapresiasi kinerja jajarannya sehingga bisa memborong tujuh penghargaan Adipura di awal 2023 ini.

 

"Selamat kepada para wali kota dan bupati atas penghargaan Adipura ini. Termasuk, Jakarta Selatan yang mendapat penghargaan taman," ucapnya di Balairung Balai Kota Jakarta, Selasa (28/2/2023).

 

"Ke depan, sata minta kita bisa mempertahankan kembali Adipura ini di seluruh wilayah," sambungnya.

 

Eks Wali Kota Jakarta Utara ini pun menegaskan komitmen Pemprov DKI dalam mendorong pencapaian target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

 

Hal ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 yang menginstruksikan bahwa semua kota/kabupaten diwajibkan mengelola sampah 100 persen dengan 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan pada 2025.

 

"Kami berharap sinergi dari tingkat provinsi dan dinas bisa ditingkatkan, saling membantu fasilitas prasarana untuk back up wilayah. Sehingga kondisi yang sudah ada saat ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan," ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, penghargaan Adipura tahun ini merupakan capaian yang terbesar yang pernah diraih oleh Pemprov DKI.

 

Bahkan di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pemprov DKI hanya meraih masing-masing dua penghargaan, yaitu pada 2017 dan 2018.

 

Sedangkan, pada 2019 hingga 2021 lalu penghargaan Adipura tak diberikan lantaran adanya pandemi Covid-19.

 

Selain itu, penghargaan ini merupakan bentuk nyata komitmen Pemprov DKI dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dalam kewenangannya masing-masing.

 

Seperti dengan adanya implementasi Pergub 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga yang menjadi tonggak berdirinya Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di setiap RW," tuturnya.

 

"BPS RW inilah yang melakukan pengurangan dan pemilahan sampah di sumber dengan sistematika pengangkutan terjadwal dan terpilah," sambungnya.

 

Ia menambahkan, BPS RW ini juga bertugas membangun bank sampah untuk mengelola sampah material daur ulang dengan mengolah sampah organik atau mudah terurai melalui komposting, biokonversi maggot atau larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF), dan eco-enzyme.

 

Adapun capaian Adipura DKI Jakarta dari tahun ke tahun sebagai berikut:

 

- 2012: empat Anugerah Adipura

 

- 2013: tiga Anugerah Adipura

 

- 2014: tidak memperoleh

 

- 2015: tidak memperoleh

 

- 2016: satu Anugerah Adipura

 

- 2017: dua Anugerah Adipura dan dua Sertifikat Adipura

 

- 2018: dua Plakat Adipura, yaitu Jakarta Selatan untuk pasar terbaik dan Jakarta Timur untuk hutan kota terbaik

 

- 2019 - 2021: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak mengumumkan penghargaan Adipura dikarenakan pandemi COVID-19.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement