Recent in Technology

WOW! PATUT DITIRU GUBERNUR LAIN, GANJAR PRANOWO BANTU RP87,5 MILIAR DESA WISATA

             


 

WOW! PATUT DITIRU GUBERNUR LAIN, GANJAR PRANOWO BANTU RP87,5 MILIAR DESA WISATA

 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang sedang fokus mengembangkan desa wisata di tiap daerahnya. Tujuannya, dengan kreatifitas warga bisa terbantu sejahtera.

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selalu berkeliling ke desa-desa dan melihat potensi untuk bisa dikembangkan menjadi desa wisata.

 

Hasilnya, saat ini menurut Ganjar Pranowo ada 818 desa wisata di Jawa Tengah yang jadi primadona.

 

Dari tahun 2020 hingga 2023, Pemprov Jawa Tengah telah menganggarkan 87,5 miliar untuk bantuan pengembangan desa wisata.

 

Nominal bantuan menyesuaikan kategori desa wisata. Desa wisata maju dibantu Rp1 Miliar, desa wisata berkembang Rp500 juta dan desa wisata rintisan Rp100 juta.

 

"Setiap tahun kita selalu upayakan agar desa wisata primadona itu naik kelas agar desa lain bisa menyusul," ujar Ganjar Pranowo di akun medsosnya.

 

Selain dikelola langsung oleh desa, Ganjar Pranowo mengaku Pemprov Jawa Tengah juga melakukan pendampingan lewat pemberian bantuan sampai membuka kemitraan dengan perusahaan maupun perguruan tinggi agar bisa menggali dan mengoptimalkan seluruh potensi.

 

"Jadi, yuk piknik ke desa wisata di Jateng. Salah satunya yang ada di kawasan Candi Borobudur. Banyak sekali ragam isiannya. Mulai dari pertunjukan, sport wisata yang menarik, kerajinan tangan, keliling naik jeep sampai wisata kuliner," promosi Ganjar Pranowo.

 

Ganjar Pranowo juga tidak ragu menyampaikan kalimat promosi untuk desa-desa wisata di berbagai akun media sosialnya.

 

Tujuannya, tidak lain agar para pelancong domestik bahkan luar negeri bisa berkunjung.

 

"Ada juga Desa Wisata Kemuning di Karanganyar, Desa Kandri di Kota Semarang, Desa Dawuhan di Banjarnegara, Desa Pekunden di Banyumas, Desa Sambongrejo Blora dan masih banyak lagi yang lainnya. Yuk piknik," tandasnya.

 

Jumlah Desa Wisata di Jawa Tengah tiap tahun terus bertambah. Hingga saat ini, provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo telah memiliki sebanyak 818 desa wisata yang tersebar di 35 kabupaten/ kota.

 

Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Riyadi Kurniawan menyampaikan, beberapa tahun lalu hanya ada sekitar 500 desa wisata, kemudian naik menjadi 717 desa wisata, dan sampai saat ini sudah 818 desa wisata.

 

Masing-masing desa wisata diharapkan mempunyai keunikan tersendiri, atau memiliki perbedaan antara satu desa dengan desa wisata lainnya.

 

Ditambahkan, desa wisata tersebut saat ini masih berkembang dan beroperasi meski beberapa waktu lalu terbentur pandemi Covid-19.

 

Hal itu dapat memicu bangkitnya perekonomian masyarakat Jawa Tengah pascapandemi. Sehingga, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mengembangkan potensi desa wisata.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement