Recent in Technology

SIAP-SIAP, INI DAFTAR BANTUAN JOKOWI TAHUN 2023

                


 

SIAP-SIAP, INI DAFTAR BANTUAN JOKOWI TAHUN 2023

 

Pemerintah pada tahun 2023 ini tampaknya masih akan menggelontorkan bantuan sosial kepada masyarakat untuk menuntaskan krisis akibat pandemi Covid-19 alias virus Corona. Tidak jauh berbeda dengan tahun 2022 lalu Bantuan sosial seperti

 

 Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), bantuan permakanan dan Program Kartu Prakerja masih akan menjadi yang utama.

 

1. Bantuan Kartu Prakerja yang kembali berlanjut pada 2023.

 

Hanya saja ada perbedaan skema dalam program yang bergulir sejak 2020. Bila dua tahun lalu, Kartu Prakerja difungsikan sebagai bantuan semi bansos, per tahun ini, akan berubah menjadi skema normal

 

Pada 2023, program Kartu Prakerja akan lebih berfokus pada bantuan untuk meningkatkan skill dan produktivitas angkatan kerja. Fokus utama itu diimplementasikan dengan pemberian bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta. Sementara itu, bantuan yang akan diberikan kepada setiap penerima Kartu Prakerja sebsar Rp 4,2 juta.

 

2.Bantuan Permakanan

 

Bansos lain yang disalurkan Kemensos pada 2023 adalah bansos Program Permakanan Program Permakanan adalah bansos berupa makanan siap saji yang dibagikan kepada penyandang kesejahteraan sosial.

 

Penerima bansos Program Permakanan adalah warga lanjut usia (lansia) tunggal dan penyandang disabilitas tunggal.

 

Bila disetarakan dengan uang, makanan siap saji yang diberikan kepada para lansia dan penyandang sebesar Rp 21 ribu per hari selama 365 hari.

 

3.Program Keluarga Harapan (PKH)

 

PKH adalah program pemberian bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini disalurkan dalam empat tahap per tiga bulan sekali atau triwulan. Yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober kepada 10 juta keluarga penerima.

 

Dengan demikian, pada bulan ini, pencairan PKH memasuki triwulan I yang dijadwalkan cair pada Januari 2023.

 

Penyaluran PKH biasanya dilakukan melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

 

Nominal bantuan yang diterima setiap penerima PKH berbeda-beda, tergantung kriterianya, inilah rinciannya:

 

- Kategori Ibu Hamil/Nifas akan menerima Rp 3 juta/tahun

 

- Kategori Anak Usia Dini akan menerima Rp 3 juta/tahun

 

- Kategori Penyandang Disabilitas berat akan menerima Rp 2,4 juta/tahun

 

- Kategori Lanjut Usia 70 tahun ke atas akan menerima Rp 2,4 juta/tahun

 

- Kategori pendidikan anak SD/MI/Sederajat akan menerima Rp 900 ribu/tahun

 

- Kategori pendidikan anak SMP/MTs/Sederajat akan menerima Rp 1,5 juta/tahun

 

- Kategori pendidikan anak SMA/MA/Sederajat akan menerima Rp 2 juta/tahun

 

4. Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

 

Bantuan lain yang akan cair pada 2023 adalah Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) alias program Kartu Sembako. Sama seperti PKH, BPNT juga menjadi bansos reguler dari Kemensos yang akan terus berjalan Berkaca pada tahun lalu, beberapa kali BPNT cair dalam jangka waktu dua bulan sekali dengan cara dirapel.

 

Adapun indeks bantuan ditetapkan sebesar Rp 200 ribu/bulan/Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

5. Program Indonesia Pintar (PIP)

 

Bansos lain yang terus berlanjut pada 2023 adalah Program Indonesia Pintar (PIP) yang disalurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). PIP adalah program bantuan berupa uang tunai untuk siswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin dalam membiayai pendidikan.

 

Dana tersebut untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan personal yang tidak dicakup oleh dana bantuan operasional sekolah (BOS), Adapun nominal bantuan PIP yang diberikan juga berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikannya.

 

Bagi siswa SD akan mendapatkan bantuan dana PIP sebesar Rp 450 ribu per tahun dan jenjang SMP sebesar Rp 750 ribu per tahun. Sementara siswa SMA/SMK mendapat bantuan PIP sebesar Rp 1 juta per tahun.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement