Recent in Technology

Menlu Retno Bantah Pernyataan Nyeleneh Anies Soal Indonesia Cuma jadi Penonton di Forum Internasional: Kita Pemain Utama!


Menlu Retno Bantah Pernyataan Nyeleneh Anies Soal Indonesia Cuma jadi Penonton di Forum Internasional: Kita Pemain Utama!

 

Anies Baswedan sempat menyinggung peran Indonesia sebagai Negara Selatan dalam debat Capres bertema hubungan internasional beberapa waktu lalu.

 

Dalam pernyataannya, Anies Baswedan menyebut ingin membawa Indonesia sebagai pembicara di forum internasional.

 

Bukan hanya sekedar menjadi penonton, Anies Baswedan menjelaskan bahwa Indonesia juga tanpa membawa agenda apapun dalam pertemuan dengan negara lain.

 

“Ketika kepercayaan dari Ibu dan Bapak, saudara sekalian diberikan kepada kami, maka kami Insya Allah akan mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama didalam konstelasi global, Indonesia tidak hadir sebagai penonton! Tapi Indonesia hadir sebagai penentu arah, merangkul semua, membawa apa yang menjadi agenda Selatan-selatan. Bukan menceritakan agenda kita, semua orang bisa baca di Google,” ujar Anies Baswedan, dilansir Kilat.com dari video TikTok @dekade_08 pada 16 Januari 2024.

 

Pernyataan Anies Baswedan diduga menyindir pemerintahan dibawah pimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), selama hampir 10 tahun terakhir.

 

Capres nomor urut 01 itu menyinggung peran Indonesia yang hanya menonton di forum global, tanpa adanya gagasan yang disampaikan.

 

Menanggapi pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi membantah klaim tersebut.

 

Selaku Menlu, Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia telah mendapat peran yang diperhitungkan secara internasional.

 

“Salah satu penulis di Street Times, tanggal 1 Januari lalu menyampaikan antara lain; ke-Ketuaan Indonesia di Asean tahun 2023 sangat menonjol, karena mampu menavigasi Asean melalui, melewati landscape geopolitik yang penuh tantangan,” balas Menlu Retno Marsudi.

 

Dalam klarifikasinya, Menlu Retno Marsudi menegaskan bahwa keterlibatan Indonesia di Asean telah diakui negara lain.

 

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran Presiden Jokowi selaku pemimpin, yang telah berhasil membawa Indonesia ke kancah Internasional.

 

“Kepemimpinan Indonesia di kawasan sangat berperan untuk mencegah balkanisasi Asean sebagai sebuah organisasi kawasan,” ujar Menlu Retno Marsudi.

 

Menyindir pernyataan Anies Baswedan terkait peran Indonesia sebatas penonton di forum global, Menlu Retno Marsudi mengklaim justru Indonesia adalah pemain utama yang diakui secara Internasional.

 

“Dari berbagai pandangan tersebut, jelas bahwa Indonesia adalah salah satu pemain utama di kawasan, dan global. Bukan sebagai penonton!” tegas Menlu RI tersebut.

 

Membantah Anies Baswedan yang menyebut Indonesia sebagai penonton tanpa agenda di pertemuan global, Menlu Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu pemain utama.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement