Recent in Technology

RESPONS KERESAHAN PETANI NTT, RELAWAN GANJAR BERI BANTUAN BIBIT-PUPUK

               


 

RESPONS KERESAHAN PETANI NTT, RELAWAN GANJAR BERI BANTUAN BIBIT-PUPUK

 

Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Mak Ganjar Kabupaten Kupang bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok petani di Nusa Tenggara Timur. Hal ini dilakukan untuk merespons keresahan petani lantaran sulitnya mendapatkan pupuk dan bibit di daerah tersebut.

 

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kanaan, Desa Manusak, Kupang Timur, Kupang, NTT, Koordinator Daerah (Korda) Mak Ganjar Kupang, Nur Da Silva mengatakan hingga saat ini belum ada satu pun pupuk yang beredar di petani. Oleh karena itu, pihaknya memberikan bantuan untuk petani agar mereka dapat segera memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam.

 

"Sejak beberapa bulan lalu kita mendapatkan keluhan dari kelompok tani dikarenakan para distributor pupuk ini belum bisa menyediakan pupuk untuk mereka bertani. Maka, kita berusaha untuk memberikan bantuan pupuk dan bibit kepada para petani agar mereka bisa tetap bekerja dan memanen hasil pertaniannya," ungkap Nur dalam keterangan tertulis, Kamis (5/1/2023).

 

Nur menyebut saat ini para petani seharusnya sudah bisa panen. Para petani pun mengaku khawatir apabila terjadi gagal panen karena tanamannya tidak bisa menghasilkan.

 

"Hal tersebut tentu akan mengancam krisis pangan di sini, maka kita mengantisipasi hal tersebut, ini waktu yang ideal untuk diberikan pupuk," lanjutnya.

 

Menurut Nur, masalah pupuk kerap terjadi di NTT terutama saat musim tanam tiba. Padahal salah satu penentu panen adalah ketersediaan pupuk.

 

"Sekarang kan pupuk tidak dijual sembarangan, harus melalui koperasi atau yang memiliki izin. Sementara mereka sendiri tidak ada kepastian kapan pupuk itu ada," terangnya.

 

Selain membantu persoalan petani, Nur mengaku ke depannya relawan Mak Ganjar di NTT akan berupaya menyediakan berbagai macam kegiatan yang membantu masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya dalam jangka pendek maupun panjang.

 

"Banyak sekali persoalan di NTT, seperti stunting, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi untuk para emak-emak. Kita akan mengangkat persoalan tersebut menjadi kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement