Recent in Technology

MENOLAK GUNAKAN MOBIL DINAS MEWAH

                   


 

MENOLAK GUNAKAN MOBIL DINAS MEWAH

 

Pemimpin memang harus memberikan teladan. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) terpilih Ganjar Pranowo menyatakan akan menggunakan mobil dinas bekas yang sebelumnya dipakai oleh Gubernur Bibit Waluyo, sebagai bentuk penghematan anggaran.

 

"Kalau mobil lamanya masih bagus maka tidak usah beli baru sehingga saya dan Pak Heru (Wakil Gubernur Jateng terpilih Heru Sudjatmoko, red) bisa menghemat alokasi pembelian mobil dinas sebesar Rp6,5 miliar," katanya di Semarang, Kamis, usai menghadiri upacara Peringatan Hari Jadi ke-63 Provinsi Jateng di Lapangan Simpang Lima Semarang dengan inspektur upacara Gubernur Bibit Waluyo.

 

Ganjar mengaku telah melihat kondisi fisik dua unit mobil dinas gubernur yakni Toyota Crown Royal Saloon dan Toyota Land Cruiser. "Saya lihat mobilnya masih bagus. Tidak apa-apa mobil dinas bekasnya gubernur lama, masih lebih bagus mobilnya dari pada mobil saya," ujar politisi PDI Perjuangan itu dalam bahasa Jawa.

 

Kendati demikian, katanya, jika mobil dinas gubernur yang lama itu menyusut dan kemudian dihapus dari pembukuan maka harus membeli yang baru. "Kalau mau beli maka saya belikan saja Toyota Kijang yang murah karena jika di Jateng masih banyak permasalahan dan kekurangan serta anggaran yang sedikit, untuk apa naik yang bagus-bagus," katanya.

 

Menurut dia, dengan adanya penghematan anggaran pengadaan mobil dinas gubernur dan penghematan yang lain maka dapat dialokasikan untuk memperbaiki jalan rusak. "Dengan penambalan jalan rusak itu rakyat dapat langsung melihat," ujarnya.

 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono menjelaskan bahwa ada standarisasi untuk pengadaan mobil dinas gubernur dan wakil gubernur. "Gubernur dan wakil gubernur akan diberikan dua unit mobil jenis jip dan sedan tapi kalau gubernur menghendaki spesifikasi yang lebih rendah ya tidak apa-apa," katanya.

 

Pemprov Jateng telah menganggarkan dana sebesar Rp22 miliar pada APBD tahun 2013 untuk pengadaan mobil dinas dan Rp6,5 miliar khusus untuk pengadaan mobil dinas gubernur, wakil gubernur, dan sekda jateng.

 

Gubernur yang baru akan mendapat dua mobil dinas yakni Toyota Crown Royal Saloon dengan harga sekitar Rp1,2 miliar dan mobil Toyota Land Cruiser yang diperkirakan harganya mencapai Rp1,5 miliar.

 

Sedangkan untuk wakil gubernur dan sekda akan mendapat mobil dinas Toyota Camry seharga sekitar Rp700 juta.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement